Ultimate magazine theme for WordPress.

Pantau Rekapitulasi Pulau Laut Utara, Paman Yani Apresiasi Pelaksanaannya di Tempat Terbuka

0 1,572

Kotabaru, faktakalsel.co.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Muhammad Yani Helmi memantau rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 Tingkat Kecamatan Pulau Laut Utara, pada Rabu (21/02) malam.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel yang akrab disapa Paman Yani ini menilai hingga saat ini, secara umum pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara di Kecamatan Pulau Laut tersebut berlangsung dengan lancar, aman dan kondusif.

“Alhamdulillah malam ini, kami sebagai salah satu peserta pemilu yaitu caleg dari partai Golkar pada Pemilu 2024 dapat berhadir menyaksikan rapat pleno terbuka yang secara umum berjalan kondusif,” katanya.

Paman Yani mengungkapkan ada hal menarik dari pelaksanaan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di tingkat kecamatan, yaitu di Kecamatan Pulau Laut Utara yang dilaksanakan di tempat terbuka, tidak dalam ruangan tertutup sehingga masyarakat dapat melihat secara langsung proses penghitungan suaranya.

“Pelaksanaan di Kecamatan Pulau Laut ini saya rasa cukup bagus karena memang di tempat terbuka. Dua panel dibuka dan dua-duanya terbuka, tidak dalam ruangan tertutup dan masyarakat dilarang untuk masuk ke dalam ruangan, sehingga akses masyarakat melihat secara langsung proses perhitungan suara tidak bisa dilakukan,” jelasnya.

Terkait pelaksanaan pencoblosan Pemilu 2024, Paman Yani menilai berjalan dengan baik, walaupun ada kekurangan, menurutnya hal tersebut akan menjadi bahan evaluasi penyelenggara pemilu.

“Supaya penyelenggaraan pemilu benar-benar jujur dan adil (Jurdil). Ini yang dikehendaki masyarakat kita di Kalsel, khususnya di Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu,” tuturnya.

Paman Yani juga mengucapkan terimakasih kepada penyelenggara pemilu dan aparat keamanan yang melaksanakan tugasnya hingga saat ini tahapan pelaksanaan pemilu 2024 berjalan lancar. Tak lupa, ia juga mengapresiasi partisipasi dan keterlibatan masyarakat yang turut menyukseskan pesta demokrasi yang diselenggarakan lima tahun sekali ini.

“Kami berharap masyarakat tetap tenang sembari menunggu hasil resmi dari KPU,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu warga, Nasaruddin menilai pelaksanaan perhitungan perolehan suara hingga saat ini berjalan lancar dan aman. Termasuk juga di hari pemungutan suara pada 14 Februari lalu, yang mana penyelenggara pemilu dan aparat keamanan menjalankan tugasnya dengan baik.

“Alhamdulillah aparat keamanan turun ke TPS untuk memantau jalannya pencoblosan. Bahkan hampir 70-80 persen masyarakat datang untuk mencoblos di TPS masing-masing,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan, warga Pulau Laut Utara, Norwahidah. Ia menilai penyenggaraan pemilu hingga saat ini berjalan secara jujur dan adil.

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.