Ultimate magazine theme for WordPress.

Gubernur Kalsel Pimpin Apel Pelatihan Bela Negara Menwa Tahun 2023

0 1,118

BANJARBARU, faktakalsel.co.id – Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor resmi membuka pelatihan bela negara dan pendidikan Dasar Komando Resmin Mahasiswa (Menwa) Suryanata tahun 2023 yang diselenggaran di Rindam VI/Mulawarman Banjarmasin yang diikuti 100 mahasiswa dari 14 Perguran Tinggi di Kalimantan Selatan, selama 2 minggu ke depan.

Didalam amanatnya, Gubernur Kalimantan Selatan, mengungkapkan Pelatihan Bela Negara dan Diksar tersebut sangat penting bagi masyarakat, khususnya bagi resimen mahasiswa. Menurutnya, Bela Negara merupakan tanggung jawab semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

“Bangsa kita sangatlah besar, dengan memiliki ragam budaya, agama, bahasa, suku dan ribuan pulau yang berbatasan langsung dengan banyak negara. Pulau Kalimantan berbatasan langsung dengan Malaysia dan Berunaidarussalam. Pulau Sumatera berbatasan langsung dengan Singapura. Maka dari itu, dengan kondisi demikian, kita memerlukan pertahanan negara yang kuat,” ucapnya, Banjarbaru, Rabu (15/11/2023).

Ia menerangkan, Meski pun Indonesia sudah menjadi negara yang berdaulat dari penjajahan, menurutnya tantangan ke depan di era modern seperti sekarang akan semakin berat.

“Sebab bisa jadi, bangsa kita dijajah secara ekonomi, sosial, narkoba, radikalisme hingga penjajahan lewat budaya. Untuk itu, saya berharap, semua anak bangsa, khususnya para pemuda yang ada di Kalimantan Selatan haruslah memiliki kesadaran tentang bela negara untuk mempertahankan kedaulatan Republik Indonesia,” tuturnya.

Bagi dirinya, bela negara tidak harus diartikan dengan mengangkat senjata untuk berperang. Tetapi apapun yang dapat membawa perubahan positif bagi kemajuan daerah maupun bangsa, berarti sudah memiliki kesadaran dalam membela negara.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak para mahasiswa untuk selalu sadar tentang pentingnya bela negara untuk kedaulatan NKRI.

“Mari kita hancurkan narkoba, ciptakan pemilu yang damai, membantu masyarakat miskin, menangkal berita hoaks dan berita negatif lainnya yang ada di berbagai media sosial. Ini adalah Bela Negara yang sesungguhnya saat ini,” pungkasnya.

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.