Ultimate magazine theme for WordPress.

Kadis PMD Buka Bimtek BPD dan Bumdesa, Juga Ingatkan Pentingnya Pengelolaan Bumdesa

0 1,244

TANAH BUMBU, faktakalsel.co.id – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sekecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu, mendapatkan bimbingan teknik (bimtek).

Yang mana kegiatan itu digelar selama tiga hari dari 20 hingga 22 Agustus 2023, yang resmi dibuka Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) setempat, Samsir mewakili Bupati Tanah Bumbu serta dihadiri Camat Sungai Loban, Agus Salim.

Kegiatan Bimtek tersebut diselenggarakan Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) dengan mendatangkan Narasumber dari Tenaga Ahli P3MD kabupaten Tanah Bumbu yang tentu sangat berpengalaman dibidangnya.

Bukan hanya BPD, tetapi juga Pengurus Bumdesa juga dilibatkan dalam mengetahui hal-hal yang harus dilakukan dan yang tidak boleh.

Saat membuka acara, Kepala Dinas PMD Tanbu, Samsir menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi kegiatan Bimtek BPD dan Bumdesa tersebut.

” Semoga peserta nantinya dapat menambah pengetahuan terkait dengan tugas dan Fungsi BPD dan upaya peningkatan Bumdesa, ” kata Samsir, Minggu (20/8/2023).

Sebab, hal ini sangat penting dalam rangka membangun Desa untuk menjadikan desa Maju dan mandiri.

BPD, lanjut Samsir, mempunyai peranan sangat penting dalam membuat regulasi bersama kepala desa, menyerap aspirasi masyarakat serta melakukan pengawasan dan monitoring terhadap kegiatan di desa dan serta pengawasan dalam penyelenggaraan pemerintahan di desa.

Begitu juga dengan Penguatan Bumdesa merupakan bagian yang sangat strategis. Bumdesa apabika dikelola dengan baik, maka Bumdesa dapat memberikan konstribusi bagi Pendapatan Asli Desa, dan ini sangat berpeluang untuk dikelola dengan baik.

” Mari kita berpikir bersama-sama bahwa Bumdesa lah yang mempunyai potensi untuk dikelola dengan baik. Melalui Bimtek ini peserta nantinya dapat menanyakan langsung kepada narasumber tentang pengelolaan Bumdes,” pungkas Samsir.

Sementara itu, Ketua BKAD Rauf Pikum juga menyampaikan bahwa Bimtek ini dalam rangka silaturahmi dan meningkatkan pengetahuan BPD.

” Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan aspirasi BPD dan Bumdesa, mudah-mudahan ke depan terus dapat kita laksanakan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.