Ultimate magazine theme for WordPress.

Andi Rustianto: Pemuda Harus Ambil Bagian Dukung UMKM dan Kewirausahaan

0 1,357

TANAH BUMBU, faktakalsel.co.id – Sosok pemuda yang satu ini sudah tak asing bagi sebagian besar remaja dan putra-putri di Bumi Bersujud. Terlahir dari keluarga pekerja keras dan sukses berkarir politik, Muhammad Rusli, sang Wakil Bupati Tanah Bumbu kini.

Siapa sosok ini ? Adalah Andi Rustianto, Ketua Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tanah Bumbu. Ia kini menjelma sebagai generasi Z inovatif dan kreatif.

Sebagai figur Ketua KNPI. Apa tanggapannya soal peran pemuda bagi bangsa ini. “Selain menjadi agen perubahan, peran pemuda juga sebagai agen pembangunan,” tegas Andi Dian, panggilan akrabnya membuka wawancara dengan awak media, Senin (10/7/2023) malam.

Dari penuturannya, pemuda Indonesia memiliki peran dan tanggung jawab dalam upaya melancarkan atau melaksanakan berbagai macam pembangunan di berbagai macam bidang. “Baik pembangunan secara nasional maupun pembangunan daerah,” ucapnya

Ketua KNPI Tanah Bumbu ini juga menekankan, pemuda harus senantiasa dibimbing dan dibina untuk aktif memerankan fungsinya.

“Yaitu sebagai penggerak pembangunan dan sekaligus motor pembaharu dalam kehidupan masyarakat sehingga akan tercipta tatanan yang dibangun dengan pendekatan kemandirian dan ditopang sepenuhnya oleh pemuda,” imbuhnya.

Alasannya, pemuda harus diberdayakan, mengingat pemuda memiliki karakter berani, pekerja keras, suka akan tantangan, kreatif, dan inovatif.

“Pemuda saat itu mampu mengaktualisasikan diri dengan baik, yakni bukan untuk kepentingan pribadi melainkan bangsa dan negara. Termasuk kampung halamannya,” tukasnya.

Saat ini Andi Dian bersama pemuda Tanah Bumbu sedang fokus membantu mendorong kebangkitan pelaku UMKM yang sedang menghadapi masa sulit pasca hantaman badai pandemi.

“UMKM menjadi sektor yang sangat terpukul selama pandemi. Mereka harus merasakan omzet berkurang signifikan. Sehingga harus didorong untuk bangkit,” tandasnya seraya menyebutkan saat ini pihaknya sedang menyusun formulasi dan strategi jitu membangkitkan gairah bisnis UMKM.

Misalnya menjadi penghubung antara penjual dengan pembeli. “Disinilah peranan pemuda dibutuhkan. Pemuda harus menolong pelaku UMKM agar bisa bertahan dari situasi sekarang,” cetusnya.

Langkah ini yang sedang diterobos Andi Dian bersama koleganya di KNPI Tanah Bumbu. “Melalui kekuatan pemuda yang memiliki akses luas, jaringan relasi, kecakapan berkomunikasi dan kemampuan adaptasi perkembangan teknologi, kita bantu mereka bangkit,” jelasnya.

Dirinya akan terjun langsung ke lapangan untuk memastikan program ini di implementasikan. Ia juga akan mengajak putra-putri Tanah Bumbu yang memiliki jiwa kepedulian untuk turut bersama mendorong kebangkitan ekonomi daerah.

“Kita juga bakal mencetuskan aksi-aksi menyentuh langsung. Memfasilitasi keluhan pelaku UMKM dengan solusi. Misalnya gemakan gerakan cinta produk lokal. Sehingga masyarakat Tanah Bumbu menghargai dan memberdayakan olahan daerah ini menjadi barang kebutuhan mereka,” tuturnya.

Yang tak kalah pentingnya, pihaknya siap menjadi pelopor inovasi baru. Menggerakkan tangan terampil para pemuda Tanbu melahirkan terobosan dalam menciptakan pasar bagi produk UMKM. Tak hanya untuk pasar lokal, tapi juga regional bahkan nasional.

“Kita manfaatkan kecanggihan teknologi. Internet menjadi jendela dunia, promosi olahan khas daerah ke kancah internasional,” harapnya.

Ia optimis, upaya yang ditempuhnya akan memberikan dampak positif bagi perkembangan pelaku UMKM di Bumi Bersujud.

Andi bertekad akan menjelma menjadi matahari bagi pelaku UMKM Tanah Bumbu. Menyinari kegelisahan usaha kecil menuju cahaya kemajuan. “Sejahterakan pelaku UMKM, menjadi raja di negerinya sendiri,” pungkasnya. [Rel]

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.