Ultimate magazine theme for WordPress.

Kurangi Kemiskinan Ektrim, Pemprov Kalsel Gelar Bimtek Pemberdayaan Keluarga Di Kabupaten Batola

0 1,722

BANJARMASIN, faktakalsel.co.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemberdayaan Keluarga Kabupaten Barito Kuala (Batola).

Plt Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalsel, Muhammadun melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos Kalsel, Surya Fujianorrochim mengatakan, Kabupaten Batola menjadi salah satu contoh kabupaten yang memiliki tingkat kemiskinan ekstrem di wilayah Kalsel.

Sebagai upaya nyata meningkatkan kondisi kesejahteraan sosial pada masyarakat khususnya di Kabupaten Barito Kuala,

“Maka dari itu, Pemprov Kalsel melaksanakan pilot project yang terintegrasi bersama seluruh SKPD untuk mengurangi kemiskinan ekstrem di Kabupaten Batola,” kata Surya, Banjarmasin, Rabu (5/7/2023).

Dikatakan Surya, kemiskinan adalah masalah yang terus ada akibat dari adanya ketimpangan yang terjadi di berbagai sektor baik ekonomi maupun faktor non-ekonomi yang menjadi perhatian khusus berbagai lembaga terutama dari pemerintah.

“Salah satu upaya yang dilakukan Dinsos Kalsel melalui program Bimtek Pemberdayaan Keluarga untuk memberikan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan bagi sasaran kegiatan yaitu para keluarga di Batola,

khususnya di Desa Sungai Lumbah, agar dapat meningkatkan kapasitas dan kualitasnya dalam menghadapi permasalahan yang terjadi dikemudian hari, baik sebagai perorangan yang merupakan bagian dari keluarga, ataupun sebagai keluarga yang merupakan bagian/kelompok/unit terkecil dalam masyarakat,” ucap Surya.

Dengan didukung berbagai macam jenis pemberdayaan, serta pemahaman pengetahuan, dan bimbingan pemerintah setempat.

Surya berharap akan masyarakat mengenali, mengembangkan, serta meningkatkan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan, memecahkan masalah, dan memobilisasi sumber daya yang diperlukan untuk hidup yang lebih baik secara individual maupun dapat membantu orang lain menjadi lebih baik.

“Berbagai macam potensi yang dimiliki oleh keluarga dapat membantu mengurangi permasalahan tersebut. Maka dari itu, pada kegiatan kali ini dibantu untuk mengenali dan mengembangkannya serta untuk mengatasi permasalahan kesejahteraan sosial,” ungkap Surya.

Giat tersebut, pihaknya bekerjasama bersama TP PKK Kalsel, Dinas Kehutanan Kalsel, Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Mandiangin, Dinas Perindustrian Kalsel, dan Dinas Sosial Kabupaten Batola

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.