Ultimate magazine theme for WordPress.

Kesbangpol Berikan Edukasi Politik Kepada Pelajar di Tanah Bumbu

0 1,516

TANAH BUMBU, faktakalsel.co.id – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) melaksanakan Program Peningkatan Peran Partai Politik dan Lembaga Pendidikan melalui Pendidikan Politik Pengembangan Etika serta Budaya Politik Tahun 2023, Kamis (23/2/2023), bertempat di Aula Kantor Koramil Kecamatan Kusan Hilir.

Dalam sambutan yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra, Hj Mariani, Bupati Tanah Bumbu Abah Zairullah Azhar menyampaikan atas nama Pemerintah Daerah menyambut baik dengan digelarnya kegiatan pendidikan politik bagi pemilih pemula dengan tema “Peran Pemuda dalam Pemilu/Pilkada Serentak Tahun 2024 Tanah Bumbu Bersujud menuju Serambi Madinah”.

Seperti yang kita ketahui bersama, kata Bupati, Pendidikan Politik dan Etika Budaya Politik sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara berpolitik dengan baik dan bijak, hal ini juga diperlukan untuk menjadi acuan dalam memilih calon kandidat pemimpin yang ada di Pemilihan Umum (Pemilu) serta Pilkada Serentak Tahun 2024 mendatang.

Dimana, dalam pelaksanaan Pendidikan Politik Pengembangan Etika serta Budaya Politik ini, diperlukan adanya peran pemuda untuk turut berpartisipasi pada Pemilu/Pilkada Serentak Tahun 2024, pemuda harus wajib terlibat langsung dalam mendorong peningkatan kualitas kesadaran politik melalui pendidikan politik ini.

Selanjutnya, Pemilu 2024 diprediksi lebih berat karena tiga event penyelenggaraan Pemilu, diantaranya Pemilihan Presiden, Pemilihan Anggota Legislatif, dan Pemilihan Kepala Daerah yang diselenggarakan pada tahun yang sama.

Oleh karenanya, peran pemuda sangat diperlukan untuk memberikan pengawasan partisipatif lapis kedua selain pengawas TPS, yang diharapkan mereka dapat menjadi penyelamat suara Rakyat Indonesia, sehingga calon pemimpin yang terpilih itu benar-benar kehendak suara rakyat.

Selain itu peran pemuda juga diharapkan untuk mencegah pelanggaran dan korupsi politik yang biasa terjadi pada Pemilu, sehingga Pemilu/Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Tanah Bumbu terlaksana secara aman, tertib, dan bersih guna mewujudkan Tanah Bumbu Bersujud sebagai Serambi Madinah. (Rel)

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.