Ultimate magazine theme for WordPress.

Warga Binaan Lapas Kelas III Batulicin Dilatih Pengolahan Eco Enzyme

0 1,573

TANAH BUMBU, faktakalsel.co.id– Kerjasama antara Kabupaten Tanah Bumbu dengan PT. Tunas Inti Abadi terkait program Corporate Social Responsibility (CSR). Kegiatan pembinaan dengan warga binaan Lempaga Permasyarakatan (LP) Kelas III Batulicin, Pegawai Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan UPTD pengolahan sampah, berupa kegiataan pelatihan Eco Enzyme dari sampah organik, Selasa (31/01/2023).

Kepala LP Kelas III Batulicin Bambang Hari Widodo menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Tanbu dan PT. TIA yang telah memperhatikan warga binaan yang berjumlah 402 orang untuk pelatihan Eco Enzyme.

Comdev Survervisor PT. TIA Budhiwan Perdana, mengatakan bahwasanya dalam kegiatan ini diketahui sampah merupakan permasalahan bagi Indonesia maupun Dunia, dengan pengolahan sampah organik berbasis Eco Enzyme menjadi salah satu solusi permasalahn sampah.

“Jadi sebelumnya sampah organik ini hanya digunakan untuk kompos, melalui pelatihan ini nanti dirumah sudah bisa mengolahnya menjadi Eco Enzyme,” ungkapnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas DLH, Halidie dalam sambutanya, potensi limbah sampah organik sisa dari kulit buah dan sayuran dari lapas bisa menghasilkan Eco Enzyme yang berfungsi untuk mencuci peralatan dapur, pakaian dan pembersih lantai serta kamar mandi dan masih banyak lagi.

“Selama ini langkah utama dalam pengolahan sampah lebih terfokus ke pemilhan sampah, DLH menyadari keterbatasan sarana prasarana untuk mengakut sampah, itulah yang kami sadari,” terangnya.

Ini merupakan suatu contoh penerapan 3R atau reuse, reduce dan recycle sampah merupakan salah satu program terbaik dalam rangka pelestarian lingkungan hidup karena mengedepankan penanganan sampah dari sumbernya yang dilakukan DLH bekerjasama dengan pelaku usaha dalam hal ini PT. TIA untuk mengkampanyekan Eco Enzyme dengan menggandeng pakar melalui penyelenggaraan pelatihan pengolahan samoah organik.

“Harapan kedepan, jika nantinya banyak pihak termotivasi mengimplementasikan maka akan meningkatkan capain pengurangan sampah di Kabupaten Tanah Bumbu,” terangnya. (Rel)

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.