Ultimate magazine theme for WordPress.

Buka Hanya Padamkan Kebakaran, Damkar Dituntut Serba Bisa

0 1,465

TANAH BUMBU, faktakalsel.co.id – Pemadam kebakaran (Damkar)bukan hanya bertugas memadamkan api saja ketika kebakaran terjadi, namun juga memiliki tugas lainnya.


Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Tanbu Anwar Salujang melalui Kabid Damkar H. Edwar Rusandi mengatakan sesuai pedoman pada Panca Dharma Pemadam Kebakaran yang didalamnya memuat tugas dan peran Damkar yang sangat mulia, ikhlas dan tanpa pamrih.


Panca Dharma ini yang menjadi acuan oleh seluruh anggota dalam melaksanakan tugas.
Tupoksi Damkar melulu memadamkan api saja bila ada kejadian kebakaran tapi juga melaksanakan penyuluhan atau sosialisasi pencegahan kebakaran kepada masyarakat dan dunia usaha.


Tupoksi Damkar sebagaimana yang tercantum dalam Panca Dharma Damkar yakni pencegahan dan pengendalian kebakaran, pemadaman kebakaran, penyelamatan, pemberdayaan masyarakat, serta penanganan Bahan Berbahaya dan Beracun ( B3 ), ujar Edwar, Rabu ( 05/10/2022 ).


Ditambahkan, Kasi Pencegahan Gusti Sandi R mengatakan petugas Damkar dilatih dan diberdayakan untuk serba bisa selain memadamkan api.


Belum lama ini, Damkar melakukan penyuluhan, talkshow ke Radio guna penyebarluasan informasi dan pelayanan Damkar kepada publik, dan dibeberapa lokasi anggota melaksanakan giat evakuasi animal rescue seperti buaya, biawak, ular, serta tawon yang meresahkan dan membahayakan masyarakat. Ujarnya

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.