Ultimate magazine theme for WordPress.

Cegah Stunting, Dinkes Kalsel Laksanakan Kegiatan BIAN

0 1,144

BANJAR, faktakalsel.co.id – Dalam rangka aksi cegah stunting, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan kegiatan Bulan Imunisasi anak nasional (BIAN) dan memberikan bantuan paket PMT Biskuit Balita di Desa Sungai Musang, Kabupaten Banjar, Sabtu (4/6/2022).

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Diauddin mengatakan pada aksi cegah stunting yang digagas oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel, pihaknya ikut serta dengan memberikan layanan imunisasi anak dan bantuan PMT Balita.

“Jadi kami buka gerai layanan imunisasi anak dengan target sasaran 100 balita dan anak. Sedangkan bantuan PMT kita berikan sebanyak 75 kotak,” kata Diauddin.

Menurutnya, pelayanan imunisasi anak dilakukan untuk mencegah penyakit menular bagi anak dan mencegah terjadinya stunting sejak dini.“Karena dengan imunisasi lengkap, maka daya tahan tubuh dapat meningkat dan risiko penyebaran penyakit dapat diatasi,” ujarnya.

Diharapkan masyarakat dapat membawa anaknya melakukan imunisasi lengkap di pelayanan posyandu dan Puskesmas. Adapun vaksin yang disedikan ada dua, imunisasi kejar meliputi imunisasi poliao OPV dan IPV, imunisasi pentavalent yaitu DPT-HB-HIB serta imunisasi tambahan yaitu campak atau measles-rubela (RM).

“Mari bersama-sama kita lindungi anak dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I),” ungkapnya.

Selain kegiatan imunisasi anak dan bantuan PMT bagi balita, pihaknya juga memberikan edukasi tentang isi piringku kepada masyarakat. Dimana isi piringku meliputi karbohidrat, protein, sayuran dan lauk pauk lainnya seperti ikan.“Jadi dengan edukasi isi piringku, masyarakat Desa Sungai Musang dapat mengetahui pola makan dan gizi yang baik,” katanya.

Apalagi di Desa Sungai Musang mayoritas masyarakatnya nelayan dan kaya akan ikan. “Jadi diharapkan masyarakat disana dapat meningkatkan konsumsi ikan segar, karena sangat bagus akan pertumbuhan otak anak dan kesehatannya,” pungkasnya

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.